Senin, 03 Februari 2014

Siklus Pengeluaran

Siklus Pengeluaran adalah rangkaian kegiatan bisnis dan operasional pemrosesan data terkait yang berhubungan dengan pembelian serta pembayaran barang dan jasa. Dalam SIA siklus pengeluaran, paling tidak terdapat empat sub sistem yang harus dirancang, yaitu: sistem pembelian, system penerimaan barang, system voucher, dan system pengeluaran kas.

Tujuan utama dalam siklus pengeluaran adalah untuk meminimalkan biaya total memperoleh dan memelihara persediaan, perlengkapan, dan berbagai layanan yang dibutuhkan organisasi untuk berfungsi.

Sistem Pengeluaran Kas
o   Sistem pengeluaran kas memproses pembayaran berbagai kewajiban yang timbul dari sistem pembelian.
o   Proses pengeluaran kas membuat dan mendistribusikan cek ke para pemasok. Salinan dari berbagai cek tersebut akan dikembalikan ke bagian utang usaha sebagai bukti bahwa telah dibayar, dan akun utang usaha akan diperbarui untuk menyingkiran kewajiban tersebut.
o   Pada akhir periode, baik proses pengeluaran kas maupun utang usaha mengirim informasi ringkasan ke buku besar. Informasi tersebut direkonsiliasi dan dicatat ke akun pengendali kas serta utang usaha.

Ø  3 aktivitas dasar dalam pengeluaran
o   Memesan barang, perlengkapan dan jasa (layanan)
o   Menerima dan menyimpan barang, perlengkapan dan jasa (layanan)
o   Membayar barang, perlengkapan dan jasa (layanan)







 


Sumber: http://linlindaantebellum.wordpress.com/matkul-smstr-3/sia/resume6/
http://siastephanie.blogspot.com/2012/04/siklus-pengeluaran.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar